Page 60 - PRINTEX-Edisi 2-2023
P. 60
60 | DESIGN GALLERY
Itu sebabnya mengapa pemisahan rekening diperlukan 5. Pengambilan Keputusan Ada kalanya pengambilan
untuk memudahkan Anda mengetahui total aset di keputusan penting dilakukan, baik itu saat melakukan
kemudian hari. ekspansi, merencanakan pengeluaran, dan lain sebagai
nya. Aktivitas ini cuma bisa dilakukan apabila rekening
Dari sini, Anda sebagai pebisnis dapat mengetahui bisnis telah dibuat tersendiri sejak awal. Jadi, Anda dapat
berapa besar keuntungan yang telah diperoleh sejak mengetahui besarnya saldo bisnis sejauh ini untuk me
bisnis dirintis. Jika tidak sesuai dengan jumlah yang mudahkan penggunaan uang di masa yang akan datang.
diestimasikan, Anda tahu letak kesalahannya dan
dapat segera memperbaikinya dengan harapan agar Sedangkan untuk rekening pribadi, tentunya lebih mudah
keuntungan lebih besar di masa mendatang. dalam melakukan perhitungan besarnya pengeluaran
selama satu bulan, berapa banyak yang dapat ditabung
2. MEMUDAHKAN PEMBAYARAN PAJAK USAHA maupun diinvestasikan. Alhasil, kondisi keuangan aman
Membayar pajak sudah menjadi tanggung jawab setiap terkendali.
pelaku usaha. Coba bayangkan kalau rekening pribadi
dan bisnis digabung, maka proses perhitungan aset Jika Anda sudah mengetahui pentingnya dan manfaat
menjadi kacau dan Anda sendiri menjadi kesulitan untuk me misahkan uang pribadi dan uang usaha, maka tindakan
menghitung besarnya transaksi yang telah dilakukan selanjutnya adalah melakukannya, dengan cara berikut:
selama bisnis berjalan.
1. MEMBUAT REKENING YANG BERBEDA
Namun, dengan pemisahan rekening, urusan perhitungan Membuat rekening yang berbeda untuk menempatkan
maupun pembayaran pajak menjadi lebih mudah. Hal uang pribadi Anda di rekening tabungan yang terpisah
ini akan membantu Anda terhindar dari pembayaran dengan rekening untuk usaha. Namun, pemisahan
pajak yang berlebih atau kurang sehingga tidak menjadi rekening ini tidak harus di bank yang berbeda, Anda bisa
persoalan di kemudian hari. membuat rekening di bank yang sama.
3. MENGETAHUI KINERJA BISNIS 2. EVALUASI SETIAP MINGGU
Sebagai pelaku bisnis, Anda pasti ingin agar bisnis ber Setiap minggu, Anda harus melakukan evaluasi ke
jalan lancar dan berkembang sesuai harapan. Kondisi uangan untuk mengetahui pergerakan modal usaha dan
ini dapat dilihat lebih mudah dari kinerja keuangan keuntungan yang diperoleh. Catat dengan baik dan rapi
bisnis sejak awal dirintis hingga sekarang. Apabila total semua hal yang berkaitan dengan usaha Anda.
keuntungannya bertambah setiap bulan, itu artinya bisnis
masuk dalam kategori yang sehat. 3. ANALISA KONDISI KEUANGAN
Anda secara rutin harus melakukan analisa keuangan
secara berkala. Ini bisa dilakukan setiap 1 bulan sekali.
Mengetahui kinerja bisnis tentunya lebih mudah apabila Jangan lupa memperhatikan kondisi keuangan dan hutang
pemisahan antara rekening pribadi dan bisnis sudah Anda jika ada. Untuk itu, Anda harus rajin melakukannya.
dilaku kan sejak awal. Jadi, Anda tidak memerlukan waktu
ter lalu lama untuk menghitung besarnya pengeluaran 4. ALOKASIKAN PROFIT DENGAN TEPAT
guna mengetahui besar keuntungan yang sudah di AlokasikankeuntunganatauprofitAndadenganbenar.
dapatkan. Tidak ada formula yang baku untuk pengalokasian
keuntungan yang sudah diperoleh selama Anda men
4. PENGAJUAN PINJAMAN jalankan usaha.
Suatu usaha seringkali membutuhkan penambahan
modal, baik untuk modal kerja maupun modal Segala hal membutuhkan pengelolaan yang baik, ter
operasional, penambahan modal itu pasti dialami oleh lebih lagi jika itu berhubungan dengan uang. Jika tidak,
pelaku bisnis, terutama saat ingin melakukan ekspansi. maka bukan hal yang mustahil bila keuangan menjadi
Namun, pembukuan yang jelas setidaknya akan me berantakan karena tidak ada pencatatan dan perhitungan
mudahkan proses peminjaman ke bank karena sehat yang tepat. Hitung dan catat dengan baik keuangan Anda
atau tidaknya kegiatan usaha dapat tercermin dari serta nikmatilah keuntungan dari jerih payah yang sudah
laporan keuangannya. Anda lakukan, dan jangan lupa untuk berderma.